Express Air Akan Layani Rute ke Maratua

SEJUMLAH maskapai yang saat ini melayani penerbangan ke bandara udara Kalimarau di Kabupaten Berau Kaltim, sudah menjadwalkan untuk segera menambah rute penerbangan ke bandara Maratua. Hal ini seiring dengan telah beroperasinya bandara di pulau terdepan yang juga pulau destinasi wisata bahari Bumi Batiwakkal ini. Hal itu diungkapkan Kepala Bandara Maratua, Budi Sarwanto, disela mendampingi kunjungan kerja Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, ke Maratua beberapa hari lalu.

Dijelaskan Budi, rencana pembukaan rute penerbangan ke Maratua telah disampaikan beberapa maskapai. Salah satunya adalah Express Air yang merencanakan akan terbang ke Maratua dalam waktu dua bulan kedepan. Saat ini pihak Express Air tengah mempersiapkan armada yang akan melayani rute ke Maratua. “Sudah ada yang mengajukan untuk terbang, salah satunya Express Air yang merencanakan dua bulan lagi akan terbang ke Maratua,” jelasnya.

Express Air dikatakan Budi akan menambah rute penerbangan dari yang sudah ada saat ini. Bahkan rute tambahan ke Maratua dijadwalkan dua kali dalam satu pekan, yaitu di hari Jumat dan di hari Minggu. Hal ini juga merespon permintaan para pengelola resort agar ada penerbangan diakhir pekan. Pihak maskapai juga telah berkomunikasi dengan pengelola resort yang ada di Maratua dalam dukungan wisatawan yang akan datang dan pergi dari bandara Maratua. “Jadi rute yang ada sekarang ditambah dengan rute ke Maratua, Jadi nanti dari Kalimarau ke Maratua,” ungkapnya.

Selain Express air, beberapa maskapai lain dijelaskan Budi juga telah melakukan penjajakan untuk mendarat di Maratua. Seperti maskapai Wing Air dari Lion Group juga sudah merencanakan untuk bisa melayani rute reguler ke Maratua.

Seperti diketahui saat ini telah ada penerbangan dengan maskapai Susi Air yang melayani rute dari Tarakan ke Maratua dan ke Tanjung Redeb maupun sebaliknya dengan penerbangan satu kali seminggu. Selain itu juga telah ada  penerbangan Garuda Indonesia yang dicarter pengelola resort dari Balikpapan ke Maratua setiap hari sabtu.

Wabup, Agus Tantomo, menyambut baik rencana penambahan rute penerbangan ke Maratua. Hal ini menurutnya menunjukkan pertumbuhan wisata Berau terus bergerak cepat. Ketersediaan infrastruktur bandar udara dan dengan hadirkanya maskapai tentu akan semakin memudahkan wistawan untuk datang ke destinasi wisata bahari ini. Kemudahan aksesibilitas ini tentu akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Maratua.

Rencana peresmian bandara Maratua yang akan dilakukan langsung Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat ini, dikatakan Agus Tantomo akan turut mendongkrak promosi pariwisata bahari Kabupaten Berau. Sehingga dengan mulai beroperasi dan diresmikan presiden diyakini akan semakin menambah jumlah wisatawan ke Kabupaten Berau. “Kita akan terus berupaya memenuhi infrastruktur pendukung dalam pengembangan pariwisata ini,” Pungkasnya. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets