Berau Jadi Rujukan Studi Pengembangan Pariwisata

Setelah mendapat kunjungan DPRD Kabupaten Tanah Tidung Provinsi Kaltara , hari ini tanggal 3 september 2020 , Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau dikunjungi jajaran Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara untuk belajar tentang pariwisata. Dalam pertemuan tersebut rombongan dijamu langsung oleh Kepala Bidang Bina Pamasan dan Kerjasama, Hotlan Silalahi SE, M.Sc yang didampingi plt. Kabid. Kebudayaan dan Kasi Kerjasama.

Dalam pertemuan tim menanyakan bagaimana perencanaan, pengelolaan, pengembangan dan strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Berau sehingga Berau menjadi salah satu destinasi unggulan nasional bahkan dunia. Hotlan memberikan penjelesan secara detail bagaimana perencanaan dan pengembangan serta srategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata . Dimana Berau memiliki perencanaan yang baik dan telah disingkronkan dengan kebijakan Provinsi Kaltim dan Pusat. Berau telah memiliki Ripparda 2016 -2031 , pengembangan pariwisata disusun menjadi 4 kpp,10 destinasi, dan pola pengembangan disesuaikan dengan keunggulan daya tarik di setiap daya tarik. Peningkatan kapasitas SDM di setiap destinasi dengan memberi pelatihan dan lisensi atau sertifikasi. Dalam kesempatan tersebut Hotlan menjelaskan tujuan pembangunan pariwisata adalah dampak multiflier bagi masyarakat disamping PAD.

Dalam pertemuan tim Dinas Provinsi Kaltara menyampaikan rasa apresiasinya dan bangga dapat belajar dan mendapat pembelajaran tentang seluruh aspek dalam pembangunan pariwisata kabupaten Berau yang dijabarkan oleh Hotlan.

Dalam studi tersebut, hotlan menyampaikan agar selalu membangun pariwisata dengan tidak mengenal batas wilayah atau boarderless sehingga dapat saling menguntungkan bagi daerah yang berdampingan tentu diatur dengan kerjasama pengelolaan yang baik.

Post a comment

Book your tickets