RAPAT KOORDINASI KELOMPOK SADAR WISATA SE KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2020

Rapat Koordinasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kalimantan Timur merupakan yang pertama di Kalimantan Timur, Rapat Koordinasi Kelompok Sadar Wisata dimaksudkan sebagai forum silaturahmi sekaligus penguatan bagi Kelompok Sadar Wisata terpilih yang berasal dari Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.

Rapat Koordinasi Pokdarwis tersebut bertujuan sebagai wadah untuk melaksanakan evaluasi terhadap pembinaan Kelompok Sadar Wisata se Kalimantan Timur, memberikan pembekalan dan kesamaan visi dan persepsi dalam upaya pengelolaan Kelompok Sadar Wisata menuju Desa Wisata, serta menggali permasalahan yang dihadapi Kelompok Sadar Wisata dan melalui serangkaian diskusi untuk menghadirkan solusi atas permasalahan yang dihadapi bagi percepatan perwujudan desa wisata.

Rapat Koordinasi tersebut berlangsung selama 3 hari mulai 30 Agustus 2020 sampai 1 September 2020. Peserta Rapat Koordinasi terdiri dari 2 orang unsur Kelompok Sadar Wisata setiap Kabupaten/Kota, 2 orang unsur dari Pemerintah Desa/Kelurahan setiap Kabupaten/Kota dan 1 orang unsur dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur sebagai pendamping selama kegiatan berlangsung dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang dari 8 Kabupaten/Kota.

Risma Rosehan sebagai pendamping dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau meyampaikan bahwa  Kabupaten Berau mengikutsertakan 5 orang peserta untuk menghadiri kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Sawit Samarinda tersebut.

Selama pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Kelompok Sadar Wisata berakhir seluruh peserta Rapat Koordinasi wajib menggunakan masker, mentaati tata tertib Rapat koordinasi dan mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19.

Rapat Koordinasi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Bpk. DR. H. Ir. Isran Noor, MSi.) dan dihadiri oleh Dra. Sri Wahyuni, MPP. (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur), Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Timur

 

Sebagai hasil akhir dari Rapat Koordinasi ini adalah Terbentuknya Forum Kelompok Sadar Wisata Provinsi Kalimantan Timur periode 2020 – 2023 dan diperolehnya Rekomendasi terkait dukungan kebijakan maupun pengelolaan tata kelola Kelompok Sadar Wisata di Kalimantan Timur khususnya pada masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.

 

Melalui pembentukan Forum Kelompok Sadar Wisata Provinsi Kalimantan Timur diharapkan memudahkan koordinasi, konsultasi dan respon terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Sadar Wisata di Kalimantan Timur khususnya yang melibatkan lintas sektor adapun untuk rekomendasi akan dipelajari dan diteruskan kepada Dinas/Instansi yang menanganinya.

Post a comment

Book your tickets