Berau Pesta Ikan Bakar 16 Ton

PESTA  bakar ikan, atau biasa warga Berau menyebutnya manuntung jukut menyambut hari jadi Kabupaten Berau ke 65 dan Kota Tanjung Redeb ke 208 tahun ini boleh dibilang paling spektakuler. Betapa tidak, kalau tahun 2017 lalu hanya sekitar 7 ton ikan, kali ini tidak tanggung – tanggung, panitia penyelenggara menyediakan sebanyak 16 ton lebih ikan berbagai jenis dibakar secara serentak di tepian Sungai Segah, Jalan A Yani, Tanjung Redeb, Minggu (16/9).
Menurut Kepala Dinas Perikanan Berau , M Fuadi SE, acara ini diselenggarakan ini adaah program mengkampanyekan memasyarakatkan makan ikan, sekaligus untuk kembali mengingatkan masyarakat Berau agar gemar makan ikan, karena ikan mempunyai banyak kandungan vitamin.

Jumlah ikan yang disediakan panitia yang siap dibakar ini, adalah sumbangan dari donatur ini sebanyak 16  ton lebih, dan jumlah partisipasi bakar ikan ini ada 173 stand. . “ Kami berharap mudah – mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi,” Harap Fuadi.

Ikan – ikan yang siap bakar tersebut juga didistribusikan ke beberapa kelurahan yang ada di Kecataman Tanjung Redeb.Diantaranya Kelurahan Tanjung Redeb, Bedungun, Gayyam, Kampung Bugis, Karang Ambun.

Kemudian juga didistribusikan ke Kelurahan Rinding, Teluk Bayur, Sambaliung, dan kelurahan Gunung Tabur yang melaksanakan hal yanbg sama. Termasuk ke sekolah – sekolah yang ikut berpartisipasi pesta bakar ikan. “ Karena itu kami ucapkan terimaksih atas partisipasinya semua pihak yang turut mensukseskan acara ini, dan semoga pesta bakar ikan ini tahun depan lebih semarak lagi.

Sementara itu, sebelum bakar ikan ini dibuka secara resmi, Bupati Berau, H Muharram S.Pd MM juga mengatakan bahwa acara ini direncanakan tanggal 7 September, tetapi Pemda tak memiliki anggaran untuk merealisasaikan hajat besar ini. Namun dengan berbagai upaya, ide dan gagasan bersama, akhirnya acara ini dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.

“ Kalau menurut hitungan saya, ikan yang terkumpul ini 18 ton, jika diuangkan nilainya lebih kurang Rp 700 juta. Ikan yang 16 ton yang disebutkan panitia itu untuk yang disumbangkan, sementara masing – masing OPD ada yang menyumbang ikan 100 kilo, dan 50 kilo,” Ungkapnya.

Menurut perhitungan Bupati Muharram, jika ikan sebanyak 18 ton ini didistribusikan kepada masyarakat dengan baik. Kalau rata – rata perorang makan ikan 50 ons, berarti yang bisa menikamati ikan bakar ini 36 ribu orang.” Kalau 1 kilo dibagi tiga orang, maka kurang lebih yang makan ikan gratis ini sebanyak 54 ribu orang. Jadi secara kuantitatif jumlah ikannya sangat besar, yang masyarakat yang menikamati harus seimbang, jangan sampai terjadi kebalikannya. Masyarakat hanya sedikit menikmati, tapi justru panitia yang makan lebih banyak,” ungkapnya.

Oleh sebab itu secara tegas Bupati Muharram menegaskan, agar semua yang terlibat pesta bakar ikan ini setiap warga yang melintas ditawari dan dilayani dengan sebaik – baiknya. “ Bukan pejabat atau pengusaha yang dilayani, bukan pula pejabat yang menikmati. Karena sesunguhnya ini adalah pesta rakyat, semua untuk rakyat. Masyarakat juga saya imbau jangan sungkan – sungkan untuk menikmati pesta bakar ikan ini,” tegasnya.

 Muharram juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan semua pihak terkait, yang turut berpartisipasi pesta rakyat ini, termasuk para RT yang dilibatkan sehingga acara ini terlaksana. “ Alasan kami melibatkan RT adalah, agar antara warga dan RT dapat terjalin hubungan emosional lebih dekat. Sehingga tidak ada jarak, antara RT dan warganya,” Jelas Muharram.

Oleh sebab itu, kata Muharram, atas terselenggaranya acara tersebut, akan terus dilakukan evaluasi apa yang menjadi kekurangan, dan dampak positifnya harus dirasakan masyarakat. Agar kedepan pesta rakyat seperti ini dapat berjalan lebih sukses. Pungkasnya.

Usai memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara pesta rakyat tersebut, ribuan warga menyerbu ratusan stand untuk menikmati ikan bakar. Bupati Muharram juga meninjau ke setiap stand yang ada, dan bertegur sapa dengan warga dan mendapat sambutan meriah, warga mengajaknya berfoto bersama. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets