Duta Wisata Bersih Pantai di Pulau Kaniungan dan Labuan Cermin

Tanjung Redeb –

Untuk menumbuhkembangkan budaya perilaku bersih masyarakat di kawasan pantai dan objek wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau, Jum’at (13/12) lalu, melakukan bersih-bersih di kawasan pantai pulau Kaniungan dan Labuan Cermin. Kegiatan ini dilakukan Disbudpar melibatkan finalis Duta Wisata dan Runner Up Putri Pariwisata serta warga setempat.

Sekretaris Disbudpar Berau Abdul Majid mengatakan, kegiatan ini juga melibatkan langsung masyarakat dan Ketua RT. Paling tidak ada sedikit harapan rasa memiliki mereka yang tinggi terhadap lingkungan dan objek wisata. “Artinya tidak hanya menjaga kebersihan saja, melainkan ada rasa tanggungjawab masyarakat untuk ikut bersih-bersih lingkungan,” katanya.

Menurut Majid, kegiatan ini juga sekaligus bersosialisasi, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat baik pengunjung objek wisata atau pedagang agar bisa turut andil menjaga lingkungan sekitar bersih dan nyaman. sebutnya.

Selain memiliki tujuan untuk menyelamatkan lingkungan, Disbudpar juga bercita-cita untuk menciptakan tempat – tempat wisata semua bersih dan sehat. Salah satu caranya adalah mengajak atau meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, untuk menjaga lingkungan dengan cara membiasakan diri dengan hal-hal yang kecil, seperti mengutip sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya, juga mengurangi penggunaan bahan plastik yang tidak dapat terurai dengan cepat.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa terus rutin dilaksanakan, sehingga dapat menciptakan kawasan pantai yang lebih indah dan bersih, dan masyarakat pun bisa saling menjaganya,” harapnya.

Dijelaskannya, lokasi bersih pantai ini dimulai dari Pulau Kaniungan kemudian berlanjut di Labuan Cermin Kecamatan Biduk-Biduk. Selanjutnya rombongan juga akan melakukan bersih-bersih di objek wisata Telaga Biru, Tembudan. Dan berakhir di objek wisata air panas Kampung Bapinang, Kecamatan Biatan.

“Kami roadshow untuk melakukan aksi bersih-bersih objek wisata ini, agar kegiatan ini dapat dibudayakan terus oleh masyarakat sekitar ” harapnya. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets