“Goa Sembat” Surga Tersembunyi di Pulau Maratua

SINAR   mentari sore kala itu begitu anggun.Warna cahanya seakan-akan melambai memanggilku dari kejauhan untuk mendekatinya. Berkhayal….!!!” Hanya dengan cara itulah yang bisa kulakukan untuk mengobati rasa penasaran,bagaimanana rasanya berada di sumber titik cahayanya.

 Di Pulau Maratua, sebuah pulau yang ada Kabupaten Berau  Kalimantan Timur dengan sejuta pesona menakjubkan.   Baru yakin dengan cerita dari orang orang yang berkunjung ke Maratua dengan keindahan sunset. Pantaslah banyak yang mengagumi keindahannya.Menikmati sunset di pesisir memberikan sensasi yang berbeda.

 Tak ada yang meragukan keindahan Pulau Maratua.Banyak orang memberi julukan pulau yang berada di wilayah perairan Kabupaten Berau ini sebagai surga tersembunyi di Berau .Sebab,bukan hanya dengan keindahan bawah laut serta pantainya.Ternyata Pulau Maratua juga menyimpan keindahan alam yang wajib kita kunjungi.

Tempat seperti Danau Aji Buang atau Goa Aji Mangku yang kini berganti nama menjadi Goa Halo Tabung sudah cukup tenar di kalangan wisatawan yang pernah berwisata di Pulau Martaua.Selain tempat-tempat wisata tersebut,ada tempat lainnya yang wajib didatangi.Pantaslah Pulau Maratua dijuluki surga tersembunyi dan tersohor hingga ke mancanegara.

Namanya Goa Sembat yang berada di Kampung Bohe Silian, Pulau Maratua. Goa sembat cukup mudah untuk dijangkau karena lokasinya tidaklah jauh dari perkampungan warga.Cukup berjalan kaki sekitar 15 menit dengan jarak 1 kilo meter untuk sampai ke lokasi Goa Sembat.Sambil berjalan kita disuguhkan dengan pemandangan hutan tropis Pulau Maratua.Kicauan burung serta suara hembusan angin yang meniup dedaunan pohon menemani langkah perjalanan sehingga rasa lelah pun tidak terasa selama menempuh perjalanan.

“Hati-hati saat berjalan karena lumayan licin dan kaki bisa tergores bebatuan kalau kurang hati-hati,”saran Rico,warga Kampung Payung-Payung menuju Goa Sembat.

Berjalan masuk hutan menuju Goa Sembat harus ekstra hati-hati karena akses jalannya cukup ekstrem,naik turun bukit dengan jalan bebatuan licin dan tajam.Menurut warga lokal,lokasi sekitar Goa Sembat masuk dalam kawasan karst Pulau Maratua.Dari segi ekonomi,Goa Sembat merupakan tempat sarang burung Walet.

Rasa lelah yang diterima sebanding dengan apa yang dimiliki Goa Sembat.Tempatnya agak mirip dengan Goa Halo Tabung yang ada di Kampung Payung-Payung yang sama-sama memiliki air biru di dalamnya.Tapi Goa Sembat memiliki keunggulan tersendiri.Mulut Goanya Sembat lebih besar dan  dinding goanya berdiri tegak lebih tinggi sekitar 40 meter menjulang keatas.

Letak mulut Goa Sembat berada pada bagian sisi bukit.Bagian depan goa tertutup oleh pepohonan dan semak belukar.Untuk sampai ke mulut goa,ada celah sempit yang harus dilalui.Kita harus memiringkan badan untuk melewati celah sempit tersebut.Kita juga harus menurungi tangga yang panjangnya sekitar 15 meter turun kebawah untuk bisa sampai ke kolam air yang ada di dalam goa.

Air di dalam Goa Sembat berwarna biru dengan kedalaman bervariasi,3-10 Meter.Semakin masuk kedalam goa,maka kedalaman airnya semakin dalam.Kedalaman air Goa Sembat juga mengikuti kondisi pasang surutnya air laut.Goa Sembat sangat ideal untuk freedive atau berenang.Airnya sejuk dan segar membuat rasa lelah luntur seketika.

Ornamen Goa Sembat masih sangat alami dan masih bisa berkembang membentuk ornamen baru.Hal tersebut dibuktikan adanya tetesan air perkolasi dari beberapa ornamen di dalam goa.

Goa Sembat sangat cocok bagi para traveller yang mempunyai jiwa petualang.Menikmati sensasi Goa Sembat cukup praktis.Warga lokal tidak menerapkan tarif untuk masuk ke lokasi Goa Sembat.Meski demikian,untuk keamanan dan kenyamanan berwisata ke Goa Sembat wajib didampingi warga lokal atau Tour Guide. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets