Kebut Infrastruktur Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

KABUPATEN Berau terus membenahi infrastruktur sebagai salah satu pendukung wisata, khususnya infrastruktur jalan akses menuju wisata maupun di daerah – daerah wiasata. Target Pemkab Berau kunjungan wisatawan ke Kabupaten Berau setiap tahunnya mengalami peningkatan secara terus menerus.
Untuk memuluskan keinginan tersebut, yang utama adalah infrastruktur harus dilakukan peningkatan, sebagai akses menuju wisata, maupun daerah wisata itu sendiri. “ Ini yang sedang kita kebut, salah satunya infrastruktur jalan yang ada di Pulau Maratua. Pembangunan infrastruktur jalan ini sudah mencapai lebih dari 85 persen, kami targetnya tahun ini selesai,” Ujar Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Berau, Ir Rahmat.

Menurutnya pembangunan infrastruktur tersebut, agar wisatawan yang ingin menikamti tempat – tempat wisata di seputar Pulau Marautua, yang dapat ditempuh dengan jalan darat dapat berjalan lancar. Sebab, sambung Rahmat, Pulau Maratua banyak memiliki keindahan alam untuk diving, salah satunya di Goa Halotabung, yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga.

“ Inilah salah satu upaya Pemkab Berau untuk memanjakan, atau membarikan yang terbaik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Berau, menikmati daerah – daerah wisata yang ingin dikunjungi,” Katanya.
Selain itu, sambung Rahmat, beberapa fasilitas dan lokasi yang dipermak di antaranya yaitu, tepian Jalan A Yani dan tepian Pulau Derawan , yang dijadikan sebagai pusat kuliner. Selama ini, lokasi tersebut menjadi lokasi favorit kawula muda maupun keluarga untuk nongkrong pada sore hari dan malam hari. “ Bahkan sebagian wisatawan juga ikut menikmati, ketika sebelum atau sesudah menuju daerah wisata, untuk bersantai nongkrong ditepian. Karena itu fasilitasnya harus dipercantik, agar wisatawan merasa nyaman” Jelasnya.

Selain itu fasilitas taman Cendana, taman perpustakaan dan fasilitas umum lainnya, termasuk media jalan dan lampu kota di seputar Kota Tanjung Redeb terus dipercantik. Agar wajah Kota Tanjung Redeb sebagai ibukota Kanpaten Berau indah dipandang. “ Dan ini akan menambah penilaian positif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Berau, dan membuat wisatawan yang datang benar – benar merasa nyaman,” Urainya,

Oleh sebab itu Bupati Berau, H Muharram S.Pd MM berharap, perusahaan travel agar berperan aktif dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Berau. Bupati Muharram mengajak travel agent yang beroperasi di Kabupaten Berau, baik darat, laut maupun udara, agar bersama-sama dengan pemerintah dan pelaku usaha lainnya untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.
“Caranya dengan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu yang datang, serta penawaran-penawaran paket tur menarik bagi para calon wisatawan ke Kabupaten Berau. Dengan semakin bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan, baik lokal maupun domestik akan ikut mendongkrak perekonomian masyarakat. Sektor-sektor usaha akan semkin hidup, sehingga membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat,” ungkapnya. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets