Kelompok Sadar Wisata Banuanta Berbuat

Kelompok sadar wisata Banuanta adalah kelompok masyarakat di Kecamatan Tanjung Redeb tepatnya di kawasan  pemukiman Gang Amal dan sekitarnya yang memiliki kesadaran dan peduli akan pariwisata dan lingkungan.

Kelompok sadar  wisata Banuanta telah mengembangkan kreativitas masyarakat melalui beberapa kelompok pengrajin pembatik, pelukis , penataan taman dan pewarnaan jalan dengan model permainan tradisional. Kelompok sadar wisata yang berada di pusat kota ini juga telah menggabungkan suatu konsep aktivitas masyarakat di siang hari dan aktivitas masyarakat di malam hari. Kreativitas anggota kelompok sadar wisata dengan baik dikemas menjadi suatu atraksi wisata yang disuguhkan bagi pengunjung atau wisatawan yang datang. Sebagaimana diketahui aktivitas membatik yang biasa dilakukan dibeberapa tempat, membatik dilakukan menggunakan zat pewarna yang telah tersedia di pasaran tetapi hal yang beda dilakukan di Kelompok sadar Wisata Banuanta, dimana proses membatik dilakukan dengan suatu inovasi baru demi terjaganya kelestarian dan mengurangi pencemaran akibat bahan kimia yaitu konsep alam. Proses membatik dilakukan dengan menggunakan bahan alam yaitu untuk pewarnaan pada pola yang tertera pada kain menggunakan daun daun secara alami. Kelompok sadar wisata ini tidak menggunakan zat kimia sebagai pewarna.

Pada saat ini kelompok sadar wisata Banuanta banyak dikunjungi dari berbagai segmentasi wisatawan baik yang untuk berekreasi, edukasi, sejarah dan ingin terlibat langsung dalam pembuatan batik. Baru baru ini Kelompok sadar wisata Banuanta mendapat kunjungan pembelajaran dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yaitu Dinas pariwisata Kalimantan Utara dalam rangka sudi pembelajaran. Walaupun dalam kondisi Covid 19, kelompok sadar wisata Banuanta tetap semangat memberikan masukan pada tamu yang datang dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kelompok sadar wisata Banuanta menjadi rujukan untuk berinovasi dan berkreasi.

Post a comment

Book your tickets