Kepulauan Derawan Masuk Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur akan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Berau yang dilakukan selama ini di bidang sektor pariwisata.

Direktur Direktorat Pengembangan Destinasi Regional II, Wawan Gunawan menjelaskan dengan masuknya Berau dalam RPJMN ini menjadikannya sebagai prioritas baru dari pemerintah pusat.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membagi porsi pembangunan dalam tiga kategori yaitu super prioritas, prioritas dan prioritas baru.

“Setelah penetapan ini, daerah harus memanfaatkan peluang ini. Artinya semua kementerian wajib mendukung untuk pembangunan. Sehingga harus ada kesigapan daerah dalam memanfaatkanya. Kita juga arahakan agar daerah bisa memaksimalkan berbagai potensi seperti CSR perusahaan,” ungkapnya, Kamis (17/9).

“Harus dipahami bahwa cara pandang wisatawan saat ini berubah, mereka tidak lagi hanya mencari tempat yang indah dan nyaman tetapi juga memiliki standar protokol Covid-19 yang baik,” uangkap Wawan Gunawan.

Menangapi hal tersebut, Wakil Bupati Berau, H Agus Tantomo mengatakan bahwa ini merupakan langkah awal yang perlu diapresiasi. Pemkab Berau pun akan terus berupaya dalam membangun pariwisata ini. Hingga akhirnya destinasi wisata Berau bisa masuk dalam prioritas ataupun super prioritas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Drs. H. Masrani mengingatkan agar selalu menerapkan sapta pesona. Ada 7 unsur mewujudkan sapta pesona. Yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan.

Menurut H. Masrani, ada 10 destinasi wisata yang masuk sebagai prioritas baru. Selain Pulau Derawan di Berau; ada Bukit Tinggi Padang, Bandung-Halimun-Cileteuh, Banyuwangi, Makassar-Selayar-Toraja, Sambas-Singkawang, Manado-Likupang, Raja Ampat, dan Biak-Teluk Cendrawasih.

“Alhamdulillah Derawan dan sekitarnya sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional 2020 – 2024 masuk destinasi wisata prioritas . Derawan menjadi satu-satunya objek wisata dari Kalimantan Timur yang masuk jadi prioritas nasional. Kami sangat bangga,” ungkapnya, Senin (21/9).

Post a comment

Book your tickets