Kukar Kembali Juara Umum

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Provinsi Kaltim  yang digelar di Kabupaten Berau  resmi ditutup, Rabu (9/5) malam.  Kabupaten Kutai Kartenegara (Kukar)  kembali menjadi juara umum di ajang tahunan tersebut. Sementara urutan kedua diraih Kota Samarida dan  berada di urutan ketiga Kabupaten Berau.

Selain keluar sebagai juara umum, kukar juga berhak mendapatkan piala tetap. Karena Kukar berturut – turut keluar sebagai juara umum MTQ ke 39, yang dilaksanakan di Kabupaten Penajam tahun 2017, dan pada pelaksanaan  MTQ  ke-40 tingkat Provinsi Kaltim yang di pusatkan di Masjid Agung Baitul Hikmah, Kabupaten Berau, Kukar kembali berhasil tampil terbaik. Sehingga keluar sebagai juara umum lagi.

Pada malam penutupan MTQ ke-40 tingkat Provinsi Kaltim pejabat yang hadir  Asisten I Sekprov Kaltim, H Sabani, Bupati Berau H Muharram SPd, Wakil Bupati H Agus Tantomo, Ketua DPRD Berau Hj Sarifatul Sya’diah SPd MSi beserta pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Sekprov Kaltim, H Sabani didampingi Bupati Muharram dan pejabat lainnya memberikan penghargaan kepada para pemenang berbagai cabang yang dilombakan MTQ.  Kemudian dilanjutkan penyerahan piala juara umum MTQ ke-40 tingkat Provinsi Kaltim kepada perwakilan kafilah Kabupaten Kutai Kartanegara .

Bupati Muharram dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan selama pelaksanaan MTQ ini dari awal hingga akhir. “ Saya mohon maaf jika dalam pelayanan selama MTQ berlangsung ada yang kurang memuaskan, atau ada kekhilafan yang kami lakukan. Jadi kami selaku tuan rumah mohon maaf yang sebesar – besarnya,” ungkap Bupati Muharram.

Dikatakannya, even ini merupakan tahap awal untuk menuju MTQ tingkat nasional, yang akan digelar di Sumatera Utara. Untuk itu  Bupati Muharram berharap para kafilah yang mendapatkan predikat terbaik dapat terus belajar, dan berlatih untuk menghadapi seleksi Tilawatil Quran tingkat nasional di Provinsi Kaltim dalam waktu dekat. “ Jangan merasa puas, belajar dan terus belajar, mengingat even tingkat nasional nantinya persaingan akan semakin ketat, dari berbagai penjuru Indonesia,” pintanya.
Dikesempatan yang sama, sebelum Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, H Sabani mewakilil Gubernir Kaltim DR H Awang Faroek secara resmi menutup MTQ tersebut mengatakan, Keberhasilan MTQ ini bukan hanya berhenti di sini, namun MTQ berikutnya yang akan digelar di Kabupaten Paser  agar dapat meningkatkan lebih baik lagi.

Sabani kembali mengatakan , penyelenggaraan MTQ bukan hanya sekedar ajang untuk mencari para qori dan qoriah terbaik, namun merupakan bentuk  komitmen dan kesungguhan hidup untuk bersandar pada Alquran, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasullulah Muhammad SAW.

Dikatakannya pula bagi para pemenang yang nantinya akan dikirim untuk mengikuti MTQ tingkat nasioanal, yang mana pelaksanaannya di Sumatera Utara  agar  mampu membawa nama baik Kaltim.

”Saya ingatkan mulai sekarang harus bertekad dan mantapkan semangat untuk lebih giat lagi berlatih, sehingga nantinya bisa memperoleh hasil yang maksimal, membawa nama harum Kabupaten Kotawaringin Barat,”imbuhnya.

Berkaitan dengan itu pula, Sabani  juga mengharapkan untuk kembangkan dan terapkan nilai-nilai Alquran dalam keseharian, sehingga segala sikap dan tata pergaulan di masyarakat bernuasa agamis. Pungkasnya.

Acara penutupan MTQ tingkat Kaltim itu berlangsung meriah dengan hadirnya  artis ibukota Opick pelantun lagu Tombo Ati, yang menghibur para tamu undangan dan kafilah, serta masyarakat Kabupaten Berau. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets