KULINER KHAS BERAU : ANCUR PADDAS (BUBUR PEDAS)

Kuliner khas Berau adalah Ancur Paddas, dilihat dari namanya yang mempunyai arti Bubur Pedas itu tentu rasa bubur satu ini terasa sedikit pedas. Di Kampung Sei Bebanir Bangun, bubur ini biasa nya di sajikan saat ada upacara adat atau kegiatan selamatan. Ancur Paddas ini kadang di sajikan saat perayaan ‘Bapallas Bidan’ atau naik ayunan bagi warga yang baru melahirkan.

Ada satu lagi yang kadang tidak terlalu terekspos oleh media, selain Ancur Paddas ada pula Air Paddas. Air yang dibuat dari rebusan jahe ini biasanya diminum oleh ibu yang baru saja melahirkan, dan konon katanya mampu mengembalikan bentuk perut ibu setelah melahirkan, selain itu juga bisa membuat ibu tersebut tetap sehat dan kuat.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur pedas ini juga sangat sederhana. Dibutuhkan beras, udang kering kecil, sayuran (daun katuk), garam, bawang merah, bawang putih, cabai, serai, ketumbar, merica, kunyit, lengkuas, jahe dan kelapa.

Cara membuatnya pun mudah, dimulai dengan menyangrai beras, ketumbar dan merica secara terpisah. Kemudian haluskan semua bumbu yang ada, setelah itu campur beras dan bumbu yang telah dihaluskan dalam wajan untuk kemudian dimasak sampai lumat menggunakan santan. Sebelum diangkat, masukkan udang kering, tambahkan garam secukupnya dan sayur mayur. Jika sudah, angkat dan hidangkan dalam keadaan masih panas.

 

Post a comment

Book your tickets