KUNJUNGI EVENT BUDAYA AKHIR TAHUN 2016 DAN MENYAMBUT TAHUN BARU 2017

KUNJUNGI DAN SAKSIKAN ACARA TRADISI ADAT DAN BUDAYA PADA BULAN DESEMBER AKHIR TAHUN 2016. EVENT BUDAYA INI SANGAT MERIAH DAN KENTAL DENGAN KEBUDAYAAN LOKAL. MASYARAKAT LOKAL SEBAGAI PENYELENGGARA SANGAT BANGGA DAN TERHORMAT APABILA DIKUNJUNGI WISATAWAN LOKAL, NASIONAL, MAUPUN MANCANEGARA. DENGAN DEMIKIAN ADAT TRADISI BUDAYA YANG MEREKA PERTAHANKAN DAN MEREKA LESTARIKAN MASIH TERJAGA DAN DISAKSIKAN MASYARAKAT LOKAL DAN WISATAWAN, MENJADI SEBUAH TONTONAN YANG SANGAT MEMBANGGAKAN. ADAT TRADISI DAN BUDAYA INI BAGIAN DARI PUNDI-PUNDI KEBUDAYAAN NASIONAL YANG HARUS TETAP TETJAGA DAN TETAP LESTARI.

  1. TANGGAL 20 DESEMBER 2016 (HARI SELASA)  DI MUSEUM BATIWAKKAL KAB. BERAU DI GUNUNG TABUR DIADAKAN PENGUKUHAN KESULTANAN GUNUNG TABUR OLEH KESULTANAN GUNUNG TABUR. ACARA MULAI PAGI SAMPAI DENGAN SELESAI.
  2. TANGGAL 22 DESEMBER 2016 (HARI KAMIS) DI KAMPUNG MALUANG KECAMATAN GUNUNG TABUR DIADAKAN ACARA TRADISI “MANGUATI KAMPUNG” DAN ULANG TAHUN KAMPUNG. UPACARA ADAT MANGUATI KAMPUNG ADALAH BAGIAN DARI TRADISI SUKU BANUA (BERAU). ACARA MULAI PAGI SAMPAI DENGAN SELESAI.
  3. TANGGAL 28 DESEMBER 2016 (HARI RABU) DI KAMPUNG TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN DIADAKAN UPACARA ADAT “MAG JAMU” SEDEKAH LAUT, MENURUNKAN ATAU MELARUNG PERAHU LAYAR KUNING KE LAUT. TRADISI INI ADALAH TRADISI BUDAYA SUKU BAJAU YANG MENDIAMI PESISIR PANTAI KAMPUNG TANJUNG BATU. DILAKSANAKAN DI BALAI DESA, DILANJUTKAN DENGAN MELARUNG SEDEKAH LAUT DI LAUT TANJUNG BATU. ACARA DIMULAI TANGGAL 27 SAMPAI 28, MALAM, SUBUH, SAMPAI DENGAN SELESAI. ACARA MAG JAMU ATAU BAG JAMU ADALAH UPACARA ADAT TAHUNAN SUKU BAJAU DENGAN PARA PELAKU ADALAH KETUA ADAT BAJAU DAN TOKOH ADAT SUKU BAJAU DI TANJUNG BATU. SEKALIGUS DIADAKAN PENGOBATAN TRADISIONAL SUKU BAJAU.
  4. TANGGAL 29 DESEMBER 2016 (HARI KAMIS) DI KAMPUNG MERASA KECAMATAN KELAY DILAKSANAKAN EVENT TAHUNAN YANG DIKENAL DENGAN “PESTA MEJA PANJANG”. ACARA MAKAN-MAKAN BERSAMA ATAU PESTA MAKAN BERSAMA INI DILAKSANA SELAMA BEBERAPA HARI SAMPAI DENGAN TAHUN BARU 2017. PENDUDUK KAMPUNG MERASA ADALAH SUKU DAYAK KENYAH.
  5. PERAYAAN MENYAMBUT TAHUN BARU 2017 DI KOTA TANJUNG REDEB. FOCUS PENGUNJUNG BERADA DI SEPANJANG JALAN TEPIAN SUNGAI SEGAH JALAN JEND. A. YANI DAN JALAN PULAU DERAWAN. KALAU WISATAWAN MINAT DATANG KETEMPAT ITU HARUS LEBIH AWAL, KARENA KENDARAAN TIDAK BOLEH MASUK KE LOKASI TERSEBUT. KALAU ANDA DATANG JAM 23.00 WITE LOKASI SUDAH PENUH, PADAT, DAN BERJEJAL. TAPI TIDAK USAH KHAWATIR, HOTEL DAN KAFE YG ADA DI KOTA TANJUNG REDEB DAN SEKITARNYA JUGA MENYIAPKAN DAN MENGADAKAN ACARA MENYAMBUT TAHUN BARU 2017. WISATAWAN TINGGAL MEMILIH, BERSANTAI DI SEPANJANG JALAN TEPIAN SUNGAI SEGAHKAH ATAU NONGKRONG DI KAFE/RESTORAN HOTEL. YANG PASTI MERIAH DAN SERU BUANGEEEETTTTT……..
  6. TANGGAL 2 JANUARI 2017 (HARI SENIN) DI BALAI ADAT KAMPUNG BENA BARU KECAMATAN SAMBALIUNG DIADAKAN ACARA PESTA NATAL DAN TAHUN BARU. ACARA DIMULAI JAM 08.00. DIMULAI DENGAN PAWAI BUDAYA KELILING KAMPUNG JAM 09.00, LANJUT JAM 10.00 PERSEMBAHAN TARI DAN MUSIK TRADISIONAL DAYAK KENYAH BADENG, JAM 13.00 SAMPAI DENGAN SELESAI ACARA PESTA MEJA PANJANG, PESTA MAKAN-MAKAN BERSAMA WARGA DAN WISATAWAN YANG HADIR DI BALAI ADAT. BAGI PENGUNJUNG DAN WISATAWAN YANG INGIN MERASAKAN LANGSUNG NUANSA YG BERBEDA DALAM PERAYAKAN NATAL DAN TAHUN BARU DI PERKAMPUNGAN BUDAYA DAYAK KENYAH BADENG SILAHKAN DATANG SEJAK TANGGAL 25 DESEMBER 2016 SAMPAI DENGAN 2 JANUARI 2017. KAMPUNG BUDAYA BENA BARU ADALAH KAMPUNG DAYAK TERDEKAT DARI KOTA TANJUNG REDEB, HANYA KURANG LEBIH 30 KM SAJA SUDAH SAMPAI. JALAN SEBAGIAN BESAR ASPAL DAN ADA SEBAGIAN MASIH PENGERASAN PASIR DAN BATU, YANG PASTI BAGUS DAN MUDAH DICAPAI. DI KAMPUNG BENA BARU JUGA TERSEDIA PENGINAPAN. RUMAH-RUMAH MASYARAKAT JUGA SIAP DIJADIKAN TEMPAT TINGGAL SEMENTARA, SILAHKAN NEGOSIASI LANGSUNG DENGAN MASYARAKAT. YANG PASTI KAMPUNG BUDAYA BENA BARU MENUNGGU KEDATANGAN WISATAWAN LOKAL, NASIONAL, DAN MANCANEGARA.

AYO TAMASYA KE KABUPATEN BERAU NEGERI DIATAS LANGIT

KABUPATEN BERAU SEJUTA PESONA, KABUPATEN BERAU ADALAH INDONESIA SEBENARNYA, KABUPATEN BERAU NEGERI DIATAS LANGIT

Kirim Komentar

Book your tickets