Meski Menyeramkan Pulau Manimbora Diminati Wisatawan

PULAU  Manimbora menjadi buah bibir beberapa tahun ini.Pulau indah nan mungil yang berada di wilayah pesisir Kecamatan,Batu Putih ini menyimpan cerita mistis dan menjadiaknnya daya tarik tersendiri untuk menarik minat wisatawan.

Pulau Manimbora cukup sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara sehingga mereka menjulukinya sebaagai Pulau Spongebob yang tenar hingga saat ini.Wisatawan menjulukinya Pulau Spongebob karena bentuk pulaunya yang kecil seperti Bikini Bottom,tempat tinggal tokoh cerita di serial Cartoon.

Banyak wisatawan berwisata ke Pulau Manimbora untuk menghilangkan rasa penasaran mereka dengan cerita mistis pulau yang tidak berpenghuni ini.Untuk menuju ke Pulau Manimbor,wisatawan harus menempuh perjalanan selama selama kurang lebih satu jam dari Kampung Batu Putih menggunakan kapal klotok nelayan yang disewa.Wisatawan hanya perlu membeli bahan bakar agar nelayan mengantar ke Pulau unik tersebut.

“Pulaunya cukup menarik dan memiliki keanehan dengan cerita mistis.Itu yang membuat saya tertarik datang kesini,”tutur Rio,wisatawan asal Balikpapan.

Pulau Manimbora menyimpan cerita mistis lantaran di dalam pulau terdapat sebuah makam tua yang jumlahnya cukup banyak.Bahkan beberapa makam sudah rusak karena abrasi pulau.Itu menyebabkan banyak tulang belulang manusia bertebaran di pinggir pantai Pulau Manimbora.Cukup menyeramkan namun hal itu menjadi identitas Pulau Manimbora dan menarik minat wisatawan.

Konon cerita warga Kampung Batu Putih.Pulau Manimbora dulunya dijadikan tempat pemakaman oleh warga pulau.Bahkan pulau ini sering dijadikan tempat persinggahan oleh nelayan asing yang disebut Manusia Perahu.

“Dulunya Pulau Manimbora adalah tempat pemakaman warga yang ada di Pulau Balikukup.Tapi sekarang tidak karena pulaunya sudah semakin mengecil akibat abrasi.Bahkan di sana sering disinggahi oleh Manusia Perahu”ungkap Alex,warga Kampung Batu Putih.

Pulau Manimbora hanya ditumbuhi pohon kelapa dan banyak terdapat tulang belulang manusia.Ada beberapa batu nisan yang bertuliskan huruf arab serta tulisan kuno yang diyakini sebuah makam zaman peperangan kalah dulu.Namun cerita itu hanyalah cerita warga lokal disana dan kebenarannya masih menjadi sebuah misteri. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets