Pembukaan MTQ ke-40 Provinsi Kaltim: Membumikan Al Quran Dalam Kehidupan Sehari Hari

MUSABAGAH Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 Provinsi Kaltim, resmi dibuka Jumat (4/5) malam. Seremoni pembukaan dipusatkan di Masjid Agung Baitul Hikmah, dihadiri seluruh kafilah dari 10 kabupaten/kota yang ada di Kaltim.

Kehadiran Plt Sekprov Kaltim, DR Meliana sekaligus secara resmi membuka acara tersebut ditandai  penekanan sirine bersama Bupati Berau, H Muharram SPd, Wakil Bupati Agus Tantomo, Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah SPd MSi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kaltim, H Sofyan Noor dan Sekkab Berau selaku Ketua LPTQ Berau, Drs H Jonie Marhansyah MM. Malam pembukaan MTQ ke-40 ini juga  juga dihadiri bupati dan wali kota se Kaltim dan pejabat dari pusat dan provinsi Kaltim

Plt  Sekprov Kaltim, DR Meliana dalam proses pembukaan MTQ tersebut menyampaikan amanah Gubernur, berharap agar membumikan Alquran dalam kehidupan sehari hari. Alquran adalah kalam Illahi, Firman Allah SWT yang diyakini berisi tuntutan hidup dengan nilai yang sangat tinggi. Membaca dan mendalami isi kandungan Alquran harus terus dilakukan umat Islam dalam pedomana kehidupan.

Melalui pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kaltim Meliana  mengajak Umat Islam untuk lebih dekat dengan Alquran. Karena Alquran adalah tuntutan yang benar bagi kehidupan. Pemprov Kaltim ditegaskannya telah menerapkan secara internal ditingkat Provinsi Kaltim dengan budaya mengaji bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) muslim.

“ Jadi begitu sampai kantor, sebelum melakukan aktifitas lainnya sempatkan awali baca Alqur’an antara lima sampai sepuluh menit, dan gubernur berharap kegiatan ini bisa dilakukan seluluruh  kabupaten dan kota yang ada di Kaltim,termasuk masyarakat umum lainnya yang beragama Islam,” harapnya.

Bupati Berau Muharram yang juga ketua panitia MTQ, menyambut dengan hangat seluruh kafilah yang siap bertanding, dan berterima kasih kepada masyarakat Bumi Batiwakkal yang juga memberikan sambutan ramah kepada para peserta.

MTQ ini diselenggarakan dengan maksud untuk menumbuhkembangkan nilai nilai islami dalam diri kehidupan masyarakat muslim sekaligus sebagai media untuk memberikan pemahaman yang mendalam atas isi dan kandungan kitab suci Alquran, pedoman hidup umat Islam yang diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad SAW. “ Karena itu kita sebagai umat Islam harus bisa mewarisi sekaligus mengamalkannya, serta mengajarkan kepada anak – anak kita, agar kelak mereka tumbuh dewasa menjadi  anak shaleh shaleha,” ujarnya.

Dengan diselenggarakannya MTQ ini diharapkan  terahir qori qoriah, hafiz hafizah, mufasir, mufassirah terbaik sebagai hasil dan upaya pembinaan yang berkesinambungan yang nantinya menjadi wakil Kaltim di MTQ tingkat nasional, bahkan sampai tingkat internasional. Harap Bupati Muharram.

Oleh sebab itu Bupati Berau Muharram mengharapkan pelaksanaan MTQ di Berau menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. Ini bagian dari membangun religiositas nilai-nilai keagamaan bangsa Indonesia, khususnya di Kaltim. Agar semangat kembali kepada Alquran. Semangat untuk terus mengamalkan Alquran akan semakin berkobar melalui momentum pelaksanaan MTQ. “Sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ, kami punya moto bahwa menjadi tuan rumah yang siap sekaligus penyelenggaraan menyenangkan,” terangnya.

Muharram berharap, seluruh peserta yang mengikuti MTQ di Berau maupun masyarakat secara luas mendoakan agar yang dicita-citakan melalui MTQ ke-40 tingkat Kaltim ini berjalan lancar. Kemudian, acara bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dirinya berharap, kafilah Berau bisa menyabet banyak juara, sehingga Berau bisa menjadi juara umum MTQ ke-40. “Sangat membanggakan tentunya kalau bisa jadi juara umum di rumah sendiri,” harapnya.

Kemeriahan malam pembukaan MTQ ke-40 ini terlihat sangat meriah, terlebih diwarnai  tarian kolosal yang dibawakan para pelajar Kabupaten Berau, dibawah binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau

Kegiatan MTQ ini pun sangat menguntungkan bagi peningkatan pendapatan asli daerah dan masyarakat. Semua hotel dalam kondisi penuh. Demikian juga restoran dan kuliner yang dikelolah UMKM. Adanya MTQ jelas mampu meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi. (bangun banua)

This slideshow requires JavaScript.

Post a comment

Book your tickets