Pemkab Susun Master Plan Kakaban

Kakaban

Kakaban

TANJUNG REDEB  –  Pengembangan objek wisata di Berau terus dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Di antaranya, menyusun masterplan kawasan objek wisata. Jika pada 2013 ini menyusun masterplan pengembangan objek wisata Danau Dua Rasa Labuan Cermin di Kecamatan Bidukbiduk dan kawasan Hutan Tangap di Kecamatan Teluk Bayur, maka 2014 Pemkab akan menyusun masterplan Pulau Kakaban di Kecamatan Maratua.

Penyusunan masterplan tersebut direncanakan seiring dengan masuknya usulan ke APBD Berau. Hal itu diungkapkan Kepala Disbudpar Berau Rohaini pada acara penganugerahan Cipta Award 2013.
Menurut Rohaini, masterplan kawasan pariwisata itu sangat penting sebagai acuan dalam pembangunan sarana dan prasarana pendukung yang berwawasan lingkungan. Tahun depan juga direncanakan membangun sejumlah sarana dan prasarana pendukung sesuai masterplanyang dibuat. Pengembangan kawasan ini merupakan realisasi dari rencana strategis dan rencana aksi pariwisata Berau.
“Sudah diusulkan dan kami yakin DPRD akan menyetujui masterplan itu sebagai bentuk pengendalian kawasan wisata,” tandasnya.
Adapun  fasilitas yang mendapat perhatian di kawasan objek wisata itu di antaranya, pembenahan dermaga dan jembatan menuju danau air payau. Menyediakan beberapa fasilitas lain, seperti gazebo hingga ruang ganti bagi wisatawan yang melakukan diving. Tidak hanya kucuran dari APBD untuk pengembangan objek wisata tersebut, tapi pemerintah pusat juga telah memberikan dukungan penuh.
“Kami sudah melakukan koordinasi dan menyusun proposal sesuai permintaan pusat. Tahap awal direncanakan mendapat kucuran dana hingga Rp 4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkapnya.
Anggaran tersebut, menurut Rohaini, tidak hanya untuk peningkatan pembangunan di Pulau Kakaban. Tetapi juga untuk pengembangan seluruh kawasan objek wisata bahari Kepulauan Derawan. “Jadi, semua kawasan di pesisir juga dapat dukungan pembangunan, seperti Pulau Derawan maupun Maratua,” tandasnya.

Post a comment

Book your tickets