Pesta Adat Lesung Osap Dihadiri Wisatawan

PAGELARAN  pesta adat  Lesung Osap Dayak Kenyah Badeng, di  Kampung Bena Baru Kecamatan Sambaliung, Sabtu (5/5), berlangsung meriah. Kegiatan  yang dilaksanakan masyarakat ini, tidak hanya dihadiri masyarakat setempat. Namun wisatawan dari beberapa daerah berdatangan untuk melihat langsung prosesi syukuran atas panen yang disemarakkan dengan pentas seni.

Dalam pagelaran yang sudah menjadi tradisi turun menurun tersebut, juga dihadiri Bupati Berau, H Muharram S Pd MM, Kepala Kadisbudpar, H Mapasikra Mappaseleng SE serta  sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Berau, hadir dan berbaur bersama masyarakat.

Bupati Muharram dan Kadisbudpar Mapasikra menjadi tamu kehormatan pada festival Lesung Osap ini. Berbagai pentas seni yang dibawakan oleh para orangtua hingga anak-anak usia remaja yang sudah terlatih ditampilkan di pesta adat yang rutin digelar setiap tahun.

Selain itu pameran produk hasil kerajinan tangan masyarakat Bena Baru juga ditampilkan di arena balai adat Kampung Bena Baru. Melalui Festival Lesung Osap, Bupati Muharram juga meluncurkan beberapa kerajinan tangan sebagai cenderamata Bena Baru juga banyak dihasilkan dari kampung yang telah ditetapkan sebagai kampung Budaya Kabupaten Berau ini.

Bupati  Muharram, mengaku senang dan bahagia dengan kemeriahan Festival Lesung Osap yang telah dipersiapkan sedemikian hingga olah masyarakat dengan menghadirkan banyak pengunjung. Sehingganya menurut Muharram sangat pantas jika Bena Baru disebut sebagai kampung budaya.

Bahkan kedepan, Bupati Muharram memberikan dukungan agar pesta adat ini digelar lebih meriah dan lebih baik lagi. “Pesta adat ini tidak hanya menjalankan tradisi turun-temurun, namun juga sangat bagus menjadi daya tarik pariwisata yang akan berkunjung di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Muharram mengajak masyarakat Kampung Bena Baru terus berbenah menjadi kampung tujuan pariwisata. Tidak hanya menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah, namun menjadi dan menciptakan lingkungan kampung yang nyaman harus diwujudkan. Mulai dari membuat taman-taman di setiap lingkungan rumah warga maupun penataan sanitasi yang baik.

Dengan keindahan kampung ini, dikatakannya menjadi daya tarik dan kenangan bagi wisatawan yang datang. Sehingga mereka yang datang akan membawa cerita yang baik untuk akhirnya mendatangkan wisatawan lainnya.

“Jaga lingkungannya dengan baik sehingga menjadi lingkungan yang bersih dan nyaman bagi wisatawan,” tuturnya.

Selain itu, dengan keterampilan yang dimiliki masyarakat Bena Baru diharapkannya dapat terus ditingkatkan sehingga memiliki produk unggulan yang dengan ciri khas tersendiri bagi wisatawan. Pemkab Berau dengan peran dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) disampaikannya, akan memberikan dukungan penuh dalam pengembangan keterampilan untuk menghasilkan produk unggulan.

Bupati Muharram secara khusus juga memberikan apresiasi atas diluncurkannya hasil kerajinan tangan berbagai jenis dari Bena Baru, yang diharapkan akan menambah produk produk unggulan dari daerah ini.

“Kita harus tingkatkan keterampilan dalam menciptakan produk – produk unggulan dari daerah ini, agar menjadi perhatian khusus wisatawan, yang dapat menigkatkan segi pendapatan masyatakat” harapnya. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets