Pawai Ta’aruf dan Pameran di MTQ ke 40

Promosikan Wisata dan Budaya Berau

Mengawali event Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim  ke-40  di Kabupaten Berau, Jum’at (4/5), panitia penyelengga menggelar  Pawai Ta’aruf,  melibatkan marching band dan aneka kendaraan hias dari perwakilan  Khafilah MTQ, jajaran Pemkab Berau, perusahaan hingga masyarakat umum lainnya.

Pawai ta’aruf yang dibuka secara resmi oleh Bupati Berau, H Muharram S Pd tersebut, juga diikuti para  khafilah, termasuk  Berau sebagai tuan rumah turut ambil bagian pada pawai ta’aruf. Pawai ini adalah satu rangkaian pembukaan MTQ Provinsi Kaltim ke-40  tahun 2018.

Bupati Muharram melepas  rombongan pawai di  Masjid Agung Baitul Hikmah , di Jalan APT Pranoto, Tanjung Redeb. Iring – iringan pawai ta’aruf ini melintas di sejumlah jalan protokol di Kota Tanjung Redeb dengan dikawal Satlantas Polres Berau. Pawai mulai bergerak dari Jalan APT Pranoto, Jalan Durian I, Jalan Pemuda lalu menuju Jalan Mangga I, II, dan III, berputar kea rah Jalan Murjani I dan kembali ke Masjid Agung Baitul Hikmah.

Bupati Muharram berharap pawai ini menambah antusias masyarakat untuk hadir dalam rangkaian MTQ Provinsi Kaltim. Bupati Muharram juga merasa masyarakat bisa melihat langsung aneka perlombaan dalam MTQ.

“Jadi MTQ ini tak cuma ceremonial saja. Tapi juga menjadi wadah membumikan Al- Qur’an, khususnya di Kabupaten Berau” Ungkap Bupati Muharram dalam sambutannya sebelum melepas peserta pawai ta’aruf.

Ribuan warga tumpah ruah di jalanan utama Tanjung Redeb, mereka menyaksikan pawai ta’aruf yang berlangsung sangat meriah. Hal itu juga diakui beberapa warga yang menyaksikan, bahwa MTQ tingkat provinsi  tahun ini lebih meriah . Karena Kabupaten Berau sebagai tuan rumah, juga  menawarkan potensi destinasi wisata yang menarik, yang kini makin diminati oleh sejumlah investor. Diantaranya, Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Kakaban serta sejulah kawasan wisata lainnya.

Oleh karena itu, pada momen seperti ini kesempatan bagi Pemkab Berau, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan promosi. Sesuai dengan namanya Pawai Ta’aruf (perkenalan), pawai ini digelar untuk memperkenalkan keunikan dan kekhasan daerah Kabupaten Berau, yang kaya dengan budaya, wisata dan hayati. Melalui Para kafilah menunjukkan potensi seni dan budaya, hingga kuliner khas daerah Berau di hadapan tribun kehormatan dan ribuan warga.

Ini adalah gelaran seni dan budaya yang bernuasa keislaman dari peserta atau kafilah MTQ dari kabupaten/kota di Kaltim, dengan diiringi marching band binaan pemerintah kabupaten Berau, hingga seni dan budaya khas daerah, semua disuguhkan, termasuk dimalam pembukaan MTQ ke-40 tahun 2018 kemarin malam.

Pawai dan pameran ini gelar untuk memperlihatkan kekhasan seni dan budaya dari beberapa  kecamatan . Karena Kabupaten Berau  kaya akan seni dan budaya yang  patut lestarikan. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets