Rangai Buruan Oleh-Oleh Wisatawan

BANYAK jenis makanan dan camilan atau kue yang terkenal dari Kabupaten Berau. Makanan dan kue tersebut sering dijadikan oleh-oleh karena rasa dan bahannya yang unik. Salah satunya Rangai yang banyak terlihat di toko oleh-oleh khas Berau.

Rangai adalah kue berbahan dasar beras ketan disangrai baru dihaluskan dengan cara digiling, ditambah gula dan kelapa parut. Setelah diaduk, dicetak dengan cetakan khusus kemudian dibakar di oven dengan api sedang. Sama halnya dengan Talinga Sagai, untuk bahan kue Rangai juga harus diperhatikan, agar kue yang dihasilkan memiliki rasa renyah dan manis gurih.

“Untuk kelapa yang dipergunakan idealnya yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua, karena daging kelapanya mudah diparut dan pada saat dicampur dengan bahan lain seperti tepung dan gula juga akan tercampur dengan sempurna. Tak hanya itu, kalau memilih kelapa yang tepat, kue yang dihasilkan nanti juga akan padat karena saat dibentuk dan dioven tidak mudah retak,” jelas Sumiati, salah satu pembuat kue Rangai  rumahan yang terletak di Jalan Kampung Cina, Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau Kaltim .

Kue ini memiliki bentuk standar kotak atau lonjong, namun dengan semakin berkembangnya waktu, mengalami banyak perubahan terutama dalam hal bentuk. Kebanyakan orang akan berkreasi menggunakan cetakan kue dengan berbagai bentuk agar kue terlihat lebih menarik. Rasa dari kue ini adalah manis dengan sensasi gurih dan rasa kelapa yang cukup dominan sehingga cocok dimakan sambil minum teh atau kopi.

Kue Rangai kelapa yang termasuk salah satu jenis kue tradisional ini masih bisa kita temui di Kabupaten Berau terutama di daerah Gunung Tabur , Teluk Bayur dan , Sambaliung dan daerah pedesaan lainnya. Bahkan, untuk produksi kue-kue khas ikon Berau ini juga sudah diolah beberapa usaha rumahan dan dikemas dengan tampilan menarik agar bisa dijadikan oleh-oleh para pengunjung atau wisatawan yang datang. Selain itu, karena cara pembuatannya yang dipanggang, makanan ini sangat cocok bagi yang sedang diet rendah lemak.(Bangun Banua)

Post a comment

Book your tickets