Rencana Berau Corner di Taman Impian Jaya Ancol

PEMERINTAH Kabupaten Berau pada Jumat lalu (9/3) melaksanakan perjanjian kerjasama dengan PT Taman Impian  Jaya Ancol, untuk mengembangkan kawasan wisatanya dengan membangun kolam terbesar di Asia, akan turut mempromosikan keindahan bahari Kabupaten Berau dengan keanekaragaman biota bawah lautnya.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau Berau H Mappasikra Mappaseleng SE, Pemkab Berau baru saja melaksanakan MoU. “Yang mana Ancol akan membangun wahana yang baru , dan atas inisiatif Ancol wahana ini diber nama Berau Corner,” ungkap Sikra panggilan akrabnya.

Masih keterangan Sikra, sementara ancol mempersiapkan wahanya, fihak Ancol juga melakukan riset terlebih dahulu di Berau, terhadap beberapa kemungkinan biota yang akan menjadi penghuni wahana tersebut.

Lebih jauh rencana biota yang akan menjadi penghuni di Berau Corner, sepert ubur ubur . “ubur ubur biota yag punya time life tertentu akan disurvey bagaimana membudidayakan dan mengembangbiakkannya ,” jelasnya.

Selain ubur ubur , juga penyu, lumba lumba dan pari manta juga termasuk .”Survey ini memakan waktu yang lama , karena ancol akan membangun akuarium raksasa terbesar di dunia , dan salah satu yang dilirik juga untuk menjadi penghuninya adalah hiu tutul atau (whale shark) .

Disebutkan Sikra, bahwa dirut PT Taman Impian Jaya Ancol sudah mendambakan sejak lama bisa  menghadirkan whale shark di wahana yang dimiliki.

‘Selain hiu tutul, ancol juga tengah mempersiapkan kehadiran hewan kutub pinguin untuk hadir di ancol. Oleh Pemerintah, Ancol juga dipercaya sebagai salah atu Lembaga konservasi di Indonesia, sehingganya prosedur resmi akan dilakukan . awalnya dari mou dan riset.

Setelah Mou oleh Pemkab Berau dilaksanakan barulah ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjsama (PKS).

Sikra juga memberikan ilustrasi bahwa komodo hewan yang dilindungi bisa hadir dikebun binatang, hewan di Afrika bia hadir di taman safari, begitupula Panda dari Cina. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets