Sendratari Gema Iqra di Bumi Batiwakkal Sukses

TAMPILAN sendratari “Gema Iqra di Bumi Batiwakkal” dalam pembukaan  Musabagah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 40 tingkat Provinsi telah berlangsung Jumat (4/5) malam, cukup mendapat antusias dan applaus dari penonton termasuk Bupati, Wabup Berau, PJ Sekprov Meiliana , kontingen dan masyarakat berau yang khusus datang menyaksikan acara pembukaan yang dibilang cukup  spektakuler.

Sendratari Gema Iqra mengambarkan perjalanan perkembangan Islam di Kabupaten Berau. Sendratari ini naskah karya Endin Supandi sekaligus penata artistik, yang mana menceritakan tentang Agama Islam yang tumbuh di Kabupaten Berau sejak tahun 1731 masa pemerintahan kerajaan Sultan Zainal Abidin.Hingga  bahkan pada masa jaman kerajaan Gunung Tabur dan Sambaliung.

Melibatkan 150 orang penari dari sekolah berada di  Tanjung Redeb, SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 7, SMKN 1, MAN, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, MTS dan SDN 008 Berau.

Meski di tengah tengah penampilan sendratari , terjadi insiden kecil, dimana tempat penyangga sound system rubuh karena kabelnya terkait  atribut perahu sendratari. Namun tidak mempengaruhi penampilan penari serta konsentrasi penonton.

Sutradari Hamdani usai penampilan sendratari tampak lega, “Alhamdulillah lancar, latihan pagi sore dalam satu bulan rasanya terlunasi oleh keberhasilan penampilan para pendukung di hadapan kafilah peserta MTQ se kabupaten dan kota kaltim,” paparnya.

 Disebutkan, bahwa keberhasilan penampilan ini tidak lepas dari kerja semua fihak. “Asal tahu saja, saya tak punya arti apa apa  manakala tidak ada dukungan yg penuh totalitas dari penulis naskah sekaligus penata artistik Endin Supandi, dua orang asisten yg berpengalaman Titin Suryani dan Erson Susanto, penata musik Dwi Gusti Setiawan (alumni ISI/ISBI Kaltim), Uul, Debby, Dian, para pemusik dan pelatih tari dari LPK Bullu Pattung, narator M. Shabir Hl ( tokoh pendongeng kaltim). “ paparnya.

Dan yang paling penting dari kisah sukses ini adalah para penari dari sekola2 yg berada di Tanjung Redeb, SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 7, SMKN 1, MAN, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, MTS dan SDN 008. (bangun banua)

This slideshow requires JavaScript.

Post a comment

Book your tickets