Tingkatkan Kualitas, Pemilik Homestay Diberi Pelatihan

MELIHAT minat wisatawan baik lokal maupun asing yang memilih homestay untuk tempatnya menginap ketika mengunjungi Pulau Derawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau bersama Kementerian Pariwisata, akan menggelar pelatihan bagi para pemilik penginapan.

Dikatakan Kepala Disbudpar, H Mappasikra Mappaseleng SE,  di kantor Disbudpar di Jalan Pemuda Tanjung Redeb usai gelar rapat persiapan pelatihan pada Rabu (17/10/2018), pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para pemilik homestay yang ada di Pulau Derawan. Selain itu, juga memberikan pemahaman cara melayani wisatawan yang datang.

“Misalnya dalam memberikan pelayanan makanan, biasanya pemilik penginapan akan mengajak menyantap bersama makanan yang ada. Itu sebenarnya sangat bagus, malah bisa membuat wisatawan betah menginap karena diperlakukan selayaknya keluarga. Tapi, dalam hal penyajian makanan dan persiapan kamar tidur juga perlu ada tata caranya, nah inilah yang kita maksud memberikan pembekalan dengan pelatihan tersebut,” jelasnya.

Tak hanya itu, kebersihan dan penyediaan sarana menginap juga harus diperhatikan. Jika selama ini kebanyakan homestay yang ada di Pulau Derawan masih menggunakan ala kadarnya, maka untuk ke depannya harus ada perubahan guna meningkatkan kualitas homestay miliknya.

“Contoh simpel sprei kasur yang ada. Rata-rata masih bermotif kan ? Kadang ada yang bercorak gambar hello kitty atau bunga-bunga, padahal untuk standar kamar penginapan kan sprei polos berwarna putih. Itu yang perlu diberikan pemahaman kepada para pemilik maupun pengelolanya,” tambahnya.

Selain meningkatkan kualitas, pelatihan ini, dikatakan Sikra juga sebagai bagian untuk mempersiapkan homestay yang ada ketika menjelang liburan, seperti libur tahun baru yang hanya tinggal 2 bulan lagi.

“Jadi bagaimana supaya wisatawan itu bisa nyaman menginap dan akan kembali lagi mengunjungi daerah wisata kita di Berau ini, ya harus dengan memberikan pelayanan terbaik tentunya. Oleh karena itu, diharapkan pelatihan yang berjalan mulai besok Kamis (18/10/2018) hingga Jumat (19/10/2018) yang diikuti 100 homestay ini bisa berjalan lancar dan hasilnya bisa diaplikasikan para pengelola penginapan tersebut,” tutupnya.(bangun banua)

Post a comment

Book your tickets