Transplantasi Terumbu Karang Lestarikan Keindahan Bawah Laut Derawan

UNTUK menjaga dan melestarikan agar pesona bawah laut yang diantaranya terumbu karang tetap lestari, maka kepedulian terhadap alam bawah laut harus tetap berjalan dan kuat.

Sehingganya puluhan muda-mudi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur berkolaborasi melalui komunitasnya melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Derawan pada hari Sabtu (30/6/18).Komunitas tersebut yakni Puri Berau dan Fredive Berau.Puri Berau merupakan komunitas pemerhati terumbu karang yang fokus melakukan kegiatan pelestraian terumbu karang.

Apa saja yang dilakukan anak muda ini ? Wow mereka melaksanakan  tehnik rehabilitasi terumbu karang ini dilakukan tak berbeda jauh dengan tehnik transplantasi dilakukan pada umumnya. Bahan yang digunakan adalah pipa paralon,jaring dan coran semen yang telah dibentuk sederhana dalam cetakan berukuran kecil. Pipa paralon di potong-potong sesuai dengan ukuran untuk membentuk kotak persegi panjang berukuran 3×2 meter,setelah itu jaring dipasang sebagai lantai dudukan cetakan cor semen,tempat dimana terumbu karang di ikat.Setelah semuanya siap,rakitan terumbu karang yang dibuat diturunkan ke bawah laut di kedalaman 5 meter,tak jauh dari lokasi terumbu karang yang rusak.Bibit terumbu karang diambil di sekitar lokasi terumbu karang yang telah rusak dengan kondisi terumbu karang yang masih baik.

Ketua Puri Berau,Yudi Rizal mengatakan jika kegiatan perdana komunitasnya sengaja dilakukan bersama komunitas lainnya sebagai ajakan untuk peduli dengan pelestarian lingkungan,apalagi anggota komunitas keduanya rata-rata berusia muda.

“Ini pertama kalinya kami lakukan kerena komunitasnya baru terbentuk juga tahun ini dan kegiatan ini bisa berlangsung berkat kerja sama dari teman-teman yang bersemangat untuk melakukan aksi transplantasi terumbu karang ini dan menggunakan uang pribadi dari masing-masing anggota komunitas”ujar Ketua Puri Berau,Yudi Rizal.

Transplantasi terumbu karang dengan tujuan perluasan terumbu karang ini merupakan suatu usaha untuk membuat habitat terumbu karang baru.Pulau Derawan dipilih karena Pulau Derawan sendiri merupakan ikon wisata bahari Berau yang telah populer dan menjadi primadona hingga ke mancanegara.Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk menjaga keindahan bawah laut Kepulauan Derawan.

“Bukan hanya di Derawan saja,tapi kedepan kami akan melakukan aksi serupa di wilayah pesisir Berau,seperti Pulau Kakaban,Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua.Kegiatan transplantasi ini akan kami agendakan tiap bulan untuk menjaga keindahan bawah laut Kepulauan Derawan,”ungkapnya.

 Di waktu bersamaan,Wakil Bupati Berau,Agus Tantomo yang melakukan tugas dinas di tempat yang sama ikut bergabung melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang bersama anggota komunitas Puri Berau dan Fredive Berau.Agus Tantomo di dampingi istrinya mengikuti dari proses pemasangan bibit terumbu karang hingga menurunankannya ke bawah laut untuk ditanam.

“Saya sangat senang melihat inisiatif komunitas ini melakukan aksi transplantasi terumbu karang.Tadi sudah saya sampaikan harapan saya ke mereka agar terus melakukan kegiatan positif seperti ini dan beberapa masukan juga saya berikan supaya kegiatan selanjutnya bisa berlangsung sukses dan meriah dari ini,”harapnya.(bangun banua)

foto – foto kegiatan transplantasi terumbu karang :

This slideshow requires JavaScript.

Post a comment

Book your tickets