Trend Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Berau 10 Tahun

Kunjungan wisatawan dalam 10 tahun terakhir sempat mengalami peningkatan yang tinggi berkat usaha masyarakat sekitar wilayah destinasi wisata dan juga dukungan dari pemerintahan Kabupaten Berau. Hal ini membawa pengaruh positif dalam pengembangan wilayah wisata dan juga peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, bertambahnya fasilitas pelayanan seperti akomodasi, warung makan, warung sembako, pembuatan souvenir dan juga peningkatan fasilitas destinasi wisata yang menambah  daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Hanya saja pada tahun 2019 akhir terjadi pandemi Global yang terjadi di seluruh dunia akhirnya sampai di indonesia pada awal tahun 2020. Pandemi ini memberikan pengaruh yang sangat drastis terhadap jumlah kunjungan wisatawan di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Berau. Tentu saja  Pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul akibat merebaknya Pandemik covid-19. Hal ini dapat dilihat pada trend yang terjun bebas sebesar -97.7% untuk wisatawan mancanegara dan -76.3% wisata nusantara.

Dampak yang paling terasa ialah di perekonomian masyarakat dan pekerja di bidang pariwisata yang sangat bergantung terhadap kunjungan wisatawan. Dampaknya sangat berpengaruh di semua lini, karena sektor Pariwisata merupakan sektor multiplier effect (berdampak ganda). Menurunnya kunjungan wisatawan berakibat sepinya pendapatan di bidang akomodasi, travel, guide, kuliner, sovenir, sembako, tiket pengunjung, penyewaan peralatan diving,snorkling, dll.

dibawah ini adalah gambaran trend kunjungan

Post a comment

Book your tickets