Turnamen Mancing Promosikan Wisata Berau

KABUPATEN  Berau memiliki destinasi wisata bahari yang kini menjadi unggulan di Kalimantan Timur. Tidak hanya keindahan pulau dengan bentang pantai dan bawah laut yang menjadi surga bagi pecinta selam. Bumi Batiwakkal juga memiliki banyak spot bagi pecinta mancing. Mempromosikan pariwisata, Turnamen Mancing kembali digelar di perairan Kepulauan Derawan. Turnamen mancing Piala Bupati Berau dibuka Wakil Bupati Berau, di Pulau Derawan, Jumat (29/6).

Sebanyak 44 tim mancing dari berbagai daerah seperti Jakarta, Samarinda, Kutai Timur, maupun dari Kalimantan Utara dan Berau sendiri, mengikuti turnamen yang berlangsung hingga Minggu (1/7) siang kemarin. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, M Dakri, mengungkapkan turnamen mancing menjadi agenda rutin yang digelar Pemerintah Kabupaten Berau setiap tahun. Dalam kejuaraan ini juga disediakan hadiah puluihan juta bagi tim yang berhasil memperoleh ikan terbesar sesuai yang ditetapkan panitia lomba. Turnamen ini digelar kerjasama Dispora bersama Persatuan Pemancing Seluruh Berau (Permasau) dan didukung sejumlah pihak. “Kegiatan ini diikuti 44 tim dari berbagai daerah, kami ucapkan selamat datang dan terima kasih mengikuti turnamen mancing Piala Bupati Berau tahun 2018,” ungkapnya.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, membuka turnamen mancing, mengungkapkan turnamen mancing tidak hanya untuk menyalurkan hobi bagi pecinta mancing. Namun ajang ini dikatakannya menjadi bagian dari promosi pariwisata Kabupaten Berau. sehingga setiap tahun diharapkan ada peningkatan dari setiap turnamen yang digelar. Bahkan Wabup Agus Tantomo berharap untuk tahun tahun berikutnya bisa digelar tingkat Internasional. “Levelnya harus kita tingkatkan. Terlebih gelaran ini sudah dilaksanakan 12 kali, sehingga peningkatan standar harus naik” ucapnya.

Untuk itu Wabup Agus Tantomo berharap panitia penyelenggara dapat lebih memaksimalkan dalam mengemas turnamen mancing. Tidak hanya melalui Dispora, Wabup juga berharap even ini juga dapat disuport melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Terlebih even promosi wisata saat ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat, termasuk dukungan anggaran bagi daerah.

“Kedepan ini kita kelola lebih maksimal dalam promosi pariwisata, kita bisa dapat anggaran pendampingan dari Kementerian Pariwisata untuk promosi lewat turnamen mancing ini,” jelasnya.

Pemkab Berau ditegaskannya akan mendukung penuh program ini dan mengajak bersama penyelenggara untuk menyusun langkah langkah agar kedepan lebih meriah lagi. Sehingga dalam beberapa tahun kedepan ada peningkatan kelas turnamen. “Kita evaluasi dari setiap even, sama sama kita susun langkah langkah yang harus kita lakukan untuk meningkatkan standar dari even ini,” tandasnya. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets