Wujudkan Pariwisata Sehat

KABUPATEN  sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.

Untuk mewujudkan Kabupaten Sehat ini, Bupati Berau telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2017,  tentang Penyelenggaraan Berau Sehat. Untuk itu Forum Berau Sehat yang dipimpin langsung oleh ketuanya Sri Juniarsih Muharram melakukan sosialisasi tentang Penyelenggaraan Berau Sehat bersama warga kecamatan Maratua yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari tingkat kecamatan dan kampung – kampung di Maratua.

Sri Juniarsih menegaskan tentang pentingnya Berau sehat ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Berau. Sri Juniarsih menuturkan, “Berau Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Berau yang bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni penduduk yang dicapai melalui  penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah”. Sri Juniarsih, juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan khususnya terkait tatanan pariwisata sehat untuk Kecamatan Maratua.

Dalam sambutannya Camat Maratua,  Marsudi mengaku siap untuk menyukseskan program ini dengan menggalang dukungan seluruh lapisan  masyarakat kecamatan Maratua untuk meningkatkan kualitas hidup warga Maratua. Menurut Marsudi, Berau sehat ini juga sangat  sesuai dengan pengembangan kecamatan Maratua sebagai destinasi wisata.

Dalam kesempatan ini terbentuk Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Maratua. Muhdiar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Komunikasi Kecamatan di Maratua. Adapun  Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Maratua Yusniati didaulat  sebagai wakil ketua Forum Komunikasi Kecamatan. Peserta lain yang hadir dari berbagai perwakilan masyarakat juga ikut ambil bagian dalam kepengurusan forum komunikasi tingkat kecamatan ini.

Acara diakhiri dengan bersih-bersih pantai oleh Forum Berau Sehat bersama warga masyarakat dan wisatawan yang kebetulan berada di sekitar pantai. Acara bersih-bersih pantai dipimpin oleh Muhdiar selaku Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Maratua yang baru dibentuk. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets