Yuk…Nikmati Indahnya Mangrove di Tanjung Batu

WISATA hutan mangrove, mungkin kerap mendengar seperti di pantai indah kapuk Jakarta, Beejay bakau resort di Probolinggo Jatim,Eko wisata mangrove Wonorejo Jatim, Eko wisata mangrove Cengkrong Trenggelek, yang mana  hutan mangrove di sulap menjadi tempat wisata yang indah teduh dan menyenangkan.

Nah di Kabupaten Berau yang memiliki kekayaan melimpah kini telah memiliki wisata hutan mangrove atau tracking mangrove terpanjang(1,7 km) se Indonesia . Tidak saja tempat wisata, juga dibangun Pusat Informasi Mangrove (PIM) disini pelajar atau masyarakat bisa mengetahui lebih jauh mengenai pohon mangrove atau bakau.

Lokasinya  di wisata ini lumayan,  tidak juga dekat dari kota Tanjung Redeb ibukota Berau , namun tidak terlalu jauh. Letaknya di kampung Bulalung Tanjung Batu kecamatan Pulau Derawan.

Jarak tempuhnya jika dari Tanjung Redeb sekitar 2 jam jika  menggunakan tranportasi air speed boad dan 3 jam jika menggunakan mobil.

Tidak menjenuhkan selama dalam perjalanan, mata wisatawan akan dimanjakan oleh  pemandangan indahnya sungai Berau di hingga muara sungai menuju ke laut lepas.

Jika tiba di tracking ini, bagi yang hobi joging, silahkan berolah raga yang penting membawa sepatu olah raga, namun jika yang ingin santai bersama keluarga boleh membawa makanan untuk disantap sambil menikmati sejuknya angin. Dan jangan membuang sampah sembarangan. Ada 15 tong sampah yang dipersiapkan untuk menampung botol mineral atau sampah makanan.

Pengelola  hutan mangrove sangat mengutamakan kebersihan demi kesehatan dan kelestarian mangrove. Karena mangrove ini merupakan aset tak ternilai yang harus dijaga.

Bagi yang suka selfie, pengelola telah menyiapkan lokasi yang bagus untuk mendapatkan hasil yang bagus dan menarik. Namun rasanya hampir setiap langkah kaki, jika kamera atau handpone di klik kan , mendapatkan hasil yang bagus.

Rugi rasanya tidak jeprat jepret di hutan mangrove ini, tinggal modal yang dipersiapkan baterai HP agar tidak lowbat dan kamera. Dan bagi potografer silahkan datang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berapa dana yang dikocek untuk bisa masuk ke wisata ini ? tenang….murah saja kok. Hanya Rp 10 ribu saja. Plus siapkan dana jika ingin berbelanja makanan. Dan kalau tidak membawa makanan dari rumah.

 Ayooo buruan ….kapan lagi berwisata ke hutan mangrove. (bangun banua)

Post a comment

Book your tickets